review daftar harga hp dan paket internet terbaru

Monday, March 8, 2010

Cara Praktis Cek Posisi SERP

| Monday, March 8, 2010 | 17 comments

Di artikel sebelumnya, kita udah sama-sama belajar mengenal serp untuk meningkatkan pengunjung. Nah, kali ini saya mau ngasih tau cara ngecek posisi SERP blog kita di search engine google dan yahoo. Sebelumnya, semua udah tau kan yang namanya SERP itu? Kan udah belajar di link saya tadi. Tapi, ini saya ulang lagi secara singkat ya...

A. Pengenalan
SERP itu singkatan dari "Search Engine Result Page". Kalo diartikan dalam bahasa Indonesia kira-kira ibaratnya adalah "Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari". Jadi, SERP suatu blog adalah posisi hasil pencarian suatu blog atau web dengan suatu keyword tertentu. Hasil pencariannya bisa berubah-ubah dan tidak tetap. Misalnya hari ini di google, blog ajay-tipsgratis.blogspot.com berada di posisi ke 3 hasil pencarian dengan keyword "blog pemula", 1 menit lagi, 1 jam lagi, atau besok, mungkin saja posisinya berubah ke posisi 10, posisi 1, atau malah kelempar ke posisi 100, tergantung kekuatan SEO. Nah, sekarang saya ingin ngasih tau cara praktis ngecek posisi SERP dengan keyword tertentu di search engine google dan yahoo. Kenapa harus pakai cara praktis? Begini,,, setiap halaman hasil di mesin pencari (search engine �) google menampilkan 10 hasil blog atau web urutan teratas. Kalo blog kita di urutan sekitar 20 sih gak papa cuma klik next beberapa kali. Tapi, kalo posisi blog kita sekitar urutan 100 lebih gimana? Bisa gempor deh. Untuk itu, kita gunakan cara praktis melihat posisi blog kita. Untuk menggunakkan cara praktis, kita menggunakan jasa seoserp.com milik google. Berikut caranya.

B. Cara Cek Posisi SERP
1. Buka situs seoserp.com...
2. Pada kolom "select a google", pilih google mana yang akan di cek. Ada 59 pilihan google untuk berbagai negara. Contoh, pilih "Indonesia (www.google.co.id)" untuk ngecek posisi SERP hasil dari Indonesia.
3. Pada kolom "target keywords", masukkan keyword yang akan dicek hasil SERP-nya. Masukinnya sama kalo kita nyari di google gituh... jadi gak usah bingung. Contoh, masukin tips ngeblog pemula untuk mencari posisi SERP berdasarkan keyword tips ngeblog pemula.
4. Pada kolom "your domain or url", isi dengan alamat blog atau web sobat.
5. Centang pada "check here if you also want to see top 10 alexa traffic" jika ingin melihat top 10 alexa traffic.
6. Centang pada "check here if you also want to read Pagerank PR 0 - PR 10" untuk melihat PR blog atau web.
7. Klik tombol check, beres dah...Kalo yang biasa main sama om google gak ada masalah dah.

C. Manfaat Dan Tujuan Cek Posisi SERP
Ngecek posisi SERP blog atau web itu tujuannya untuk mengetahui posisi blog kita untuk kata kunci tertentu. Nah, berikut manfaat yang bisa kita ambil dari cek SERP ini...
1. Untuk Juri Kontes SEO
Seringkali google dijadikan juri untuk menilai suatu kontes SEO. Untuk itu, jasa cek SERP ini sangat bermanfaat untuk memantau posisi kita di kontes SEO tersebut. Ini juga bisa digunakan untuk memantau blog saingan.
2. Pengukur Kemampuan
Ini yang saya sering lakukan. Cek SERP ini bisa dijadikan alat pengukur kemampuan SEO kita sampai dimana.
3. Meneliti Saingan
Kita juga bisa ngecek SERP blog teman kita. Ini dapat dijadikan ukuran antara blog klita dan blog teman atau saingan kita.
4. Analisis
Ini juga sering dimanfaatkan untuk menganalisis apapun yang berhubungan SERP dan SEO.

Sebenarnya, saya masih pengen ngoceh tentang SERP dan SEO ini. Tapi, keterbatasan berbagai hal menjadi kendala. Sampai disini dulu ya, mungkin lain kali kita bahas lebih jauh lagi. Semoga artikel ini bermanfaat atau sobat semua.
Salam SEO!!!






Share

Artikel Selain Cara Praktis Cek Posisi SERP:



17 comments:

yuniico said...

wah. . .

makasih banget bos atas infonya :)

masterkaya said...

wah om artikelnya bagus om. sangat dibutuhkan oleh pemula seperti saya. trims om salam kenal

Propolis klaten said...

Makasih artikel bagus banget,,langsung sy coba.dan blog sy blm muncul 10besar.jangankan 10 besar 100 besar aja ga masuk.
makasih artikel sy akan lebih semangat lagi.

Arvian said...

@ yuniico: sama-sama...
@ masterkaya: salam kenal juga, senang bisa membantu...
@ Propolis klaten: sama-sama, bagus sob, terus semangat!!! Thanks sudah berkomentar...

iwan said...

bro tengkiu for the content is was goooood but gimana ya caranya supaya keyword kita trdapat di rata-rata google karena disetiap country pasti hasilnya akan berbeda. please help me if you have a knowledge for that.
My email at lombokpaket@gmail.com and my website at www.lombokpaket.com

Arvian said...

@ iwan: wah saya juga lagi belajar mas, jangankan setiap country, di google indonesia aja saya masih ngos-ngosan, hehehe... tapi kalo menurut saya, artikel kita harus mendunia atau istilahnya global. Semoga bisa sedikit membantu. Thanks dah mampir...

Simon @ PT Indonesia said...

Trima kasih tips-nya sob.

Oh ya, kalau mengetahui berapa banyak postingan kita yang sudah di indeks oleh situs pencari, gimana caranya ya sob?

sukses selalu dalam blogging :)

trims

-salam-

Arvian said...

Bisa dengan widget seo tool seperti widget "SEO Stats" di blog saya ini. Disitu ada rincian SEO blog kita seperti pagerank, google index page, google backlink, yahoo index page, yahoo back link, alexa rank, alexa back link, today page view, today unique visitor, total page view, total unique visitor, pengunjung yang sedang online, dll. Widget ini dari mypagerank.net. Silahkan lihat artikel saya Make 4 On 1 Widget (alexa, pagerank, online visitor). Semoga bisa membantu...

pulsa elektrik murah said...

thank infonya sob,langsung di coba ya

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

thanks ya gan
ini berguna buat saya

Cara Membuat Radio Streaming Murah said...

nice info gann.. ane jadi tau posisi google saya.. :D

Arvian said...

@ Pulsa Elektrik Murah: silahkan.. Thanks dah mampir...
@ Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia: ya sama-sama. Terimakasih kembali..
@ Cara Membuat Radio Streaming Murah: oke sob, senang bisa membantu...

Handrie Noprisson said...

makasih i will try it..


KOMPETISI WEB KOMPAS MUDA DAN AQUA

Arvian said...

@ Download Materi Kuliah= sama.-sama. Semoga berhasil. Thanks untuk info kompetisi web-nya..

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia said...

Makasih banyak Infonya

Arvian said...

@ Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia: sama-sama mas...

collectiondrivers said...

trimakasih atas sharing ilmunya, semoga bermanfaat..

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara Praktis Cek Posisi SERP di www.ajay-tipsgratis.blogspot.com. Anda boleh menyebarluaskan informasi Cara Praktis Cek Posisi SERP ini dengan share ke facebook, twitter, maupun memberikan rekomendasi dengan menekan tombol dan google plus one. Selain itu, anda boleh menulis kembali artikel Cara Praktis Cek Posisi SERP ini dengan bahasa anda sendiri. Anda juga dapat memberikan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terimakasih ...
http://ajay-tipsgratis.blogspot.com/2010/03/cara-praktis-cek-posisi-serp.html

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat. Pertanyaan, kritik dan saran, atau sekedar blogwalking. Jangan melakukan SPAM dan jangan meninggalkan komentar berbau SARA. Terimakasih sudah berkunjung!!!

 

Alexa Rank

Tag

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia, blogging tips blogspot blogger, google adsense, tips seo, idblognetwork, tips diapprove, handphone nexian, ponsel touchscreen layar sentuh, tablet android, hp android murah, nexian android, touchscreen murah, hp nexian murah terbaru, spesifikasi fitur dan harga hp, review handphone, daftar harga hp, update terbaru 2011, tablet pc, komputer tablet, ipad, spesifikasi harga laptop, jual notebook, beli netbook, laptop murah, tarif internet operator, paket flexi unlimited, paket internet broadband, internet telkomsel, telkomsel flash, tarif indosat, harga paket aha modem, paket axis internet, three unlimited, smartfren conex, tarif smartfren murah, tarif sms unlimited murah, update daftar tarif terbaru, promo operator.
© Copyright 2011. Blog Pemula | Teknologi HP . All rights reserved | Blog Pemula | Teknologi HP is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Thanks to Google