review daftar harga hp dan paket internet terbaru

Sunday, March 14, 2010

Tips Memilih Template Yang Bagus

| Sunday, March 14, 2010 | 8 comments

Sobat semua pasti sudah tau kan apa itu template. Hampir semua blogger mengganti templatenya dari template bawaan penyedia blog seperti blogger atau wordpress, dengan template pihak ke-3 baik yang gratisan, premium (berbayar), maupun template bikinan sendiri. Begitu juga saya. Mungkin setiap blogger mengganti templatenya karena tidak puas dengan template bawaan. Tapi, sobat jangan sembarangan memilih template. Sobat harus pandai-pandai memilih template dengan memperhatikan berbagai aspek. Berikut ini adalah tips bagaimana memilih template yang bagus dan baik untuk sobat semua yang mungkin sedang bingung memilih template.

1. Designe
Ceritanya ada dua baju. Yang satu baju baru dengan mereknya yang masih nempel dan wangi, yang satunya baju lama yang udah kekecilan, robek, kuMellz n deKillz, dan compang camping. Ketika ingin pergi ke pesta, baju mana yang sobat pakai? Saya yakin sobat pilih baju yang pertama karena saya yakin pengunjung blog ini waras semua hehehe peace... Nah, begitu juga dengan template blog. Kebanyakan para blogger mengganti templatenya karena ingin penampilan yang lebih bagus. Jika template blog kita bagus dan menarik, bukan hanya kita yang senang tetapi pengunjung blog kita pun merasa betah dan akan kembali lagi ke blog kita. Oleh karena itu, penampilan merupakah hal utama yang paling penting dalam memilih template.
2. Pilih template classic (html)
Cuma ngasih tau, template yang klasik atau html, akan lebih cepat terindex oleh mesin pencari. Kalo bisa, pilih template yang klasik aja. Tapi, ini cuma tips karena saya sendiri tidak menggunakan template classic. Template saya jenisnya xml. Yang mau cepat terindex, saya sarankan pake template classic atau html. Banyak kok situs yang menyediakannya seperti isnaini atau oom.
3. Pilih template gratis
Buat blogger nekat dan pas-pasan seperti saya, memang paling suka yang gratisan (ngirit....). Tetapi, itu bukan alasan utama saya merekomendasikan untuk memakai template gratisan. Sekarang ini, banyak sekali penyedia template gratisan. Mereka berlomba-lomba supaya templatenya laris. Nah, otomatis templatenya pasti dibuat bagus dan menarik. Jadi, banyak template bagus dan menarik yang gratisan gak kalah sama template premium atau berbayar. Jadi, gunakan sajalah template gratisan, kan banyak yang bagus-bagus. Tapi kalo memang ingin pake template premium juga gak papa biar keliatan profesional gituh...
4. Pemilihan kolom
Template blog ada yang terdiri dari 2, 3, 4, dan banyak lagi jenis kolomnya. Pemilihan kolom ini harus berdasarkan kebutuhan dan jenis blog. Saya gak begitu tau tapi kalo blog sobat blog bisnis online, lebih baik gunakan template 3 kolom untuk pembagian dengan iklannya.
5. Letak sidebar
Kalo yang satu ini, kayaknya harus benar-benar diperhatikan. Letak sidebar lebih baik di sebelah kanan halaman. Kenapa harus di sebelah kanan? Karena search engine merayapi blog kita dari sebelah kiri. Jadi, ketika search engine merayapi blog kita untuk mencapai posting, harus melewati bagian header -> halaman (kiri, tengah, kanan) -> footer. Kalo halaman blog anda berat di sebelah kiri, bisa-bisa kalah dengan blog lain. Search engine lebih dulu menemukan isi (posting) blog yang perayapannya lebih dekat mencapai posting dibanding blog yang perayapannya isi sidebar dulu. Tapi, mungkin sobat bertanya kenapa blog ini juga ada sidebar kiri? Yah, itu udah terlanjur hehe, malas ganti template. Tapi, yang pake sidebar kiri juga gak papa asalkan tidak terlalu berat kontennya. Lebih baik isi saja dengan konten berupa teks, jangan banner atau gambar yang berat.
6. Pemilihan warna
Bagi sobat yang suka dengan warna yang terang dan bervariasi, pasti akan memilih template dengan penuh warna yang cerah. Tapi, pemilihan warna yang seperti ini janganlah berlebihan. Sebenarnya dalam hal ini saya tidak berhak mengatur-ngatur sobat dalam memilih warna untuk template. Tapi, kalo boleh saya kasih saran sebaiknya jangan memilih template dengan warna terang. Warna yang terang dan mencolok ini akan membuat pengunjung tidak nyaman dalam membaca artikel sobat. Seperti yang sobat lihat sekarang, blog saya memakai template dengan warna yang sederhana. Apakah sobat nyaman? Saya harap iya karena saya tidak ingin merusak mata sobat dengan warna pelangi blog saya di komputer sobat. Untuk pemilihan warna, semua kembali lagi pada sobat karena saya cuma bisa ngasih saran.

Oke dah, kayaknya segitu dulu tips memilih templatenya. Mudah-mudahan sobat bisa memilih template yang terbaik menurut sobat. Nah kalo udah dapet, kasih tau saya ya biar bisa share ke teman lain. Ditunggu komentarnya!!! Oh ya, tetap membaca atau berlangganan blog ini karena rencananya saya mau kasih tau situs-situs penyedia template baik gratis maupun berbayar.
Salam ngeblog!!!






Share

Artikel Selain Tips Memilih Template Yang Bagus:



8 comments:

Deni said...

mantap bos panduannya.. salam kenal ya

Makrus ali said...

Mas Arvian, Selamat... telor PR nya udah menetas

sinjay school said...

Maaf, Link Anda sudah saya pasang di blog saya, tolong pasang link saya http://sinjayschool.blogspot.com terimakasih

Arvian said...

@ Deni= salam kenal
@ Makrus ali= mudah-mudahan habis netas langsung tumbuh, hehe... Thanks
@ sinjay school= dah saya pasang, thanks ya

Printer Kasir said...

Wah,info yang menarik sekali,,,

Arvian said...

@ Printer Kasir: thanks...

Pang Budito said...

Salam kenal Sobat Blogger Senior . . ?

Terima kasih yah ? postingnya bagus dan saya dapat ambil ilmunya.

Arvian said...

@ Pang Budito: makasih balik mas. Wah, saya bukan blogger senior. Sesuai judulnya, saya cuma newbie, blogger pemula.

Anda baru saja membaca artikel tentang Tips Memilih Template Yang Bagus di www.ajay-tipsgratis.blogspot.com. Anda boleh menyebarluaskan informasi Tips Memilih Template Yang Bagus ini dengan share ke facebook, twitter, maupun memberikan rekomendasi dengan menekan tombol dan google plus one. Selain itu, anda boleh menulis kembali artikel Tips Memilih Template Yang Bagus ini dengan bahasa anda sendiri. Anda juga dapat memberikan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terimakasih ...
http://ajay-tipsgratis.blogspot.com/2010/03/tips-memilih-template-yang-bagus.html

Post a Comment

Silahkan beri komentar sobat. Pertanyaan, kritik dan saran, atau sekedar blogwalking. Jangan melakukan SPAM dan jangan meninggalkan komentar berbau SARA. Terimakasih sudah berkunjung!!!

 

Alexa Rank

Tag

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia, blogging tips blogspot blogger, google adsense, tips seo, idblognetwork, tips diapprove, handphone nexian, ponsel touchscreen layar sentuh, tablet android, hp android murah, nexian android, touchscreen murah, hp nexian murah terbaru, spesifikasi fitur dan harga hp, review handphone, daftar harga hp, update terbaru 2011, tablet pc, komputer tablet, ipad, spesifikasi harga laptop, jual notebook, beli netbook, laptop murah, tarif internet operator, paket flexi unlimited, paket internet broadband, internet telkomsel, telkomsel flash, tarif indosat, harga paket aha modem, paket axis internet, three unlimited, smartfren conex, tarif smartfren murah, tarif sms unlimited murah, update daftar tarif terbaru, promo operator.
© Copyright 2011. Blog Pemula | Teknologi HP . All rights reserved | Blog Pemula | Teknologi HP is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Thanks to Google